SEJARAH TAPAK SUCI


Sejarah

 

Perguruan Pencak Silat TAPAK SUCI Putera Muhammadiyah, berdiri pada 31 Juli 1963. Perguruan ini sebenarnya merupakan perkembangan dari embrio Perguruan Pencak Silat Ci-Kauman, yang didirikan pada tahun 1925 oleh Kyai Haji Busyro Syuhada pada tahun 1925. Sementara Perguruan Ci-Kauman ini sendiri meruapakan pengembangan Perguruan Pencak Silat Banjaran yang lahir dan berkembang di Kota Banjar Negara.

Pada perkembangan selanjutnya, Perguruan Ci-Kauman ini, atau Kyai Haji Busyro ini melahirkan dua murid terbaiknya; Moehammad Wachid dan Ahmad Dimyati. Keduanya meruapakan pencetus berdirinya Perguruan Pencak Silat Ci-Kauman tersebut. 

Setelah merasa cukup bekal keilmuannya, keduanya lalu turun gunung untuk berkelana ke barat dan timur negeri. Tujuannya jelas untukmenimba lebih banyak pengalaman dan penyebaran ajaran keilmuannya

 

Moehammad Wachid sebagai saudara tua, ia mengembara ke arah timur, daerah Madura dan Pulau Bawean menjadi pijakan kaki sang pendekar. Di pulau ini, Wachid selain menyebarkan ilmu beladiri, ia juga mengembangkan atau menyebarkan agama Islam. 

Sementara itu, Ahmad Dimyati sendiri berkelana ke arah barat. Yang menjadi tujuannya adalah daerah Cikalong dan Cimande. Dimyati, disini tak hanya mengembara untuk mengembangkan ilmu, namun ia juga berupaya untuk berguru didaerah tersebut. Yang memang sebelumnya sudah terkenal bahwa Cikalong dan Cimande adalah dua daerah yang memiliki keanekaragaman tentang Pencak Silat. Pengembangan Dimyati ini, dilakukannya sekitar tahun 1960-an, setelah ia menyerap begitu banyak jurus-jurus ilmu pencak silat dari dua daerah tersebut. 

Ia bersama saudara seperguruannya yang mengembara, kembali lagi ke tanah kelahirannya Yogyakarta, keduanya kemudian mengembangkan apa yang mereka raih di perantauan untuk diberikan kepada putera-puteri terbaik di Kauman. Saat itulah, kedua murid terbaiknya, Moehammad Djuraimi dan Moehammad Bari Irsyad. Kedua Pesilat muda ini mereka gembleng. 

  

KAUMAN PECAH 

Namun sayang, dengan lahirnya dua murid terbaik tersebut, membuat Perguruan Pencak Silat Ci-Kauman terpecah menjadi dua Perguruan. Dua Perguruan tersebut adalah : Perguruan Siranoman dan Perguruan Kasegu. 

Perguruan Siranoman sendiri didirikan oleh Moehammad Djuraemi, yang kemudian mempunyai murid M. Syamsudin, H. Djarnawi Hadi Kusumo dan Moh. Zahid. 

Sedangkan Perguruan Kasegu sendiri didirkan oleh Moh. Bari Irsyad, yang akhirnya melahirkan murid yaitu Irfan Hajam, Mustam Rustam Jundap, Moh. Jakfal Kusuma dan Moh. Sobri Ahmad. 

  

LAHIRNYA TAPAK SUCI 

Dengan lahirnya para murid pendekar tadi, akhirnya menyadari untuk mencapai yang terbaik dalam pengembangan ilmu pencak silat, memang tak boleh pecah belah. Akhirnya para murid kedua perguruan tadi, sepakat untuk bersatu kembali. Maka, pada tanggal 31 Juli 1963, lahirlah Perguruan Seni dan Beladiri Indonesia Pencak Silat Tapak Suci di Kauman Yogyakarta. 

Tujuan serta orientasi dari Perguruan Tapak Suci adalah dakwah Islamiyah pada Tanwir Muhammadiyah tanggal 28 Juli s.d. 1 Agustus 1967 ditetapkan menjadi ORTOM (Oerganisasi Otonom) Muhammadiyah dengan nama PERGURUAN SENI DAN BELADIRI INDONESIA PENCAK SILAT TAPAK SUCI PUTERA MUHAMMADIYAH. 

Tapak Suci selain merupakan 10 Perguruan perintis IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) sebagai Ketua Umumnya adalah Pendekar Kepala Eddie Marzuki Nalapraya juga sebagai Presiden Persilat Dunia, seorang Purnawirawan Jendral; bahkan saat ini telah memiliki 9 perwakilan resmi di Luar Negeri. 

Diantaranya di Asia adalah Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, dan Malaysia, sedang di Eropa adalah Belanda, Spanyol, Perancis, Belgia dan Jerman. Sedang di perwakilan yang belum resmi adalah di California (USA), Philipina, Austria, Tokyo, Sydney, Norwegia, Maroko serta Yunani. 

Walaupun perkembangan Perguruan Tapak Suci yang sudah mendunia, tetap sebagai syarat mutlak untuk bias berlatih ataumenjadi anggota Tapak Suci adalah beragama Islam dan harus mematuhi peraturan yang dibuat di Pusat atau Pimpinan Pusat Yogyakarta, yang sekarang ini sebagai ketua umumnua adalah Bapak Muchlas Abror.

 



Masukkan Email Kamu Untuk Berlangganan Trik2 seperti ini

Jangan Lupa Baca Juga Yang Ini :

0 komentar:


:f :D :) ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

Poskan Komentar